Beranda » Tempat Wisata » Pasih Uug ( Broken Beach ) Pesona Pantai Spetakuler
Pasih Uug

Pasih Uug

Pasih Uug atau yang lebih populer di telinga para wisatawan ( broken Beach ) adalah destinasi yang populer berada di kawasan Toyapakeh (oh ya, di Toyapakeh ini juga cukup banyak komunitas warga Islam asli Nusa Penida yang bisa kamu jumpai loh). Meskipun lokasinya sangat dekat dengan pusat Toyapakeh, sayangnya untuk menuju kesana kamu perlu sedikit bersabar karena jalanan yang akan kamu lalui sedikit berkelok – kelok

Untuk menuju lokasi Pantai Pasih Uug, ada beberapa transportasi alternatif yang dapat Anda pilih. Diantaranya Anda bisa menempuhnya lewat pantai sanur dengan menggunakan kapal speedboat dengan waktu tempuh 30-45 menit atau Anda juga bisa naik kapal ferry dari Padang Bay, dan menyewa speedboat dari Tanjung Benoa.

Namun dengan dua alternatif transportasi diatas Anda baru bisa mencapai pulau Nusa Penida. Sedangkan dari Nusa Penida menuju Pasih Uug, Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau menggunakan motor sewaan yang memang banyak disewakan di Pelabuhan Nusa Penida. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat ini kurang lebih 1,5 jam perjalanan.

Pasih Uug (Broken Beach) Nusa Penida mungkin tidak jauh berbeda dengan kawasan wisata Uluwatu ,Namun, tidak disebutkan tempat wisata Pantai Pasih seperti candi atau kera. Namun, dalam pandangan Pantai Pasih Uug tidak kalah indahnya dengan Uluwatu. Selain itu, Pantai Pasih Uug jauh lebih tenang dan nyaman karena letaknya yang jauh dari pemukiman.

LEGENDA CERITA  TERBENTUKNYA PASIH UUG

Berawal seperti ini cerita dari pasih uug atau broken beach yang bermula dari seorang petani yang berniat ingin menanam jagung diladang. Membutuhkan sebuah alat yang akan digunakan berbahan kayu yang dilancipkan dibagian ujungnya untuk melubangi tanah tempat menanam bibit jagung.

Saat ketika sedang membuat alat tersebut dibawah pohon berakar besar yang rindang mulailah keanehan terjadi. Parang yang digunakan untuk melancipkan kayu secara tidak sengaja mengenai bagian dari akar pohon besar dan mengeluarkan darah segar.

Saking herannya segera pak tani bercerita pada beberapa penduduk  dengan cepat cerita tersebut tersebar pada seluruh penduduk kampung yang terletak tidak jauh dari situ. Penduduk setempat menjadi heboh karna fenomena yang aneh tersebut

Lalu datanglah para penduduk desa dan mengambil potongan akar pohon tersebut untuk dimakan,lalu pada waktu malam di hari itu semua warga berkumpul bercengkrama dan mengatakan bahwa akar pohon itu rasanya sangat enak.

Tak lama kemudian datanglah seorang pria tua dan menasihati para warga yang memakan akar pohon yang ternyata adalah seekor ular peliharaan milih pria tua tersebut,warga pun geram karna dituduh mencuri dan membunuh ular milik pria tua tersebut

Lalu pria tua ini mengeluarkan sebuah lidi dan ia tancapkan ke tanah lalu ia berkata “siapa yang mampu mencabut lidi ini dari tanah,maka aku akan mengakui kalau kalian telah berkata jujur kepada saya”

Tapi tidak ada satupun warga yang mampu mencabutnya,tak lama kemudian Pak tua itu pun mencabut lidi tersebut dari tanah.saat lidi itu tercabut dari tanah menyemburlah air yang begitu deras dari tanah sehingga membuat air laut bergejolak dan menenggelamkan daratan serta rumah pemukiman warga,pak tua itu menghilang berserta warga dan rumah-rumahnya. demikianlah cerita tentang bagaimana bisa tercipta lubang besar menganga di pantai Pasih Uug atau Broken Beach.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar AndaNama Anda Email Anda Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: