Beranda » Tempat Wisata Bali » Mitos & Pesona Pasih Uug (Broken Beach ) Yang Spektakuler

Pasih Uug

Pasih Uug Nusa Penida

Daya tarik pulau Bali tidak hanya terletak pada daratan saja, tetapi juga sejumlah pulau terluar yang dimilikinya. Salah satunya adalah Nusa Penida, pulau ini memiliki banyak keindahan alam pantai dengan tebing-tebing karang indah dan belum terjamah serta masih alami, seperti yang disuguhkan oleh Pantai Pasih Uug. Pantai Pasih Uugberada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten klungkung, Bali.

PROMO TOUR NUSA PENIDA : PAKET TOUR NUSA PENIDA 

Namanya memang terdengar asing dan tak sepopuler Pantai Kuta dan kawan-kawannya, tapi Pantai Pasih Uug ini merupakan pantai yang unik, menarik, dan tentu saja sangat menawan. Nama “Pasih Uug” sendiri jika dalam bahasa Bali artinya adalah Pantai yang rusak, pantai ini juga populer disebut dengan nama Broken Beach karena pantai ini memiliki sebuah tebing setinggi 50-200 meter yang berlubang dibagian tengahnya sehingga berbentuk seperti goa atau terowongan yang dialiri air laut, sehingga air laut terperangkap di tengah-tengahnya.

Karena air laut terperangkap di tengah-tengah tebing, sehingga membuat pantai ini seolah-olah mirip seperti sebuah kolam raksasa. Di atas tebing yang terbentuk coakan atau lubang tersebut juga terlihat seperti jembatan alami, sungguh pemandangan yang sangat unik dan menarik. Pantai ini sekilas mirip seperti Pantai di Uluwatu. Tetapi Pantai Pasih Uug tak memiliki Pura dan tak ada kera-kera liar yang berkeliaran seperti yang ada di Uluwatu, ombaknya pun relatif lebih tenang jika dibandingkan dengan ombak di Pantai Uluwatu.

Meskipun ombaknya lebih tenang dari pada di Uluwatu, namun tetap berbahaya bagi yang belum terbiasa atau berenang sendiri tanpa ditemani oleh guide. Hijaunya rerumputan dan pepohonan di atas tebing ditambah birunya air laut, membuat pemandangan Pantai Pasih Uug ini sangat menakjubkan. Sejuk dan semilirnya angin yang berhembus, semakin melengkapi keindahan yang disajikan oleh pantai ini. Selain itu, jika Anda beruntung, Anda juga akan menjumpai ikan Pari Manta dan Penyu laut yang berenang-renang di lautan. Saat berkunjung ke pantai ini tidak dikenakan tiket masuk sepersenpun alias gratis tanpa karcis.

MUNGKIN INI YANG ANDA CARI : WATERSPORT TANJUNG BENOA BALI

Untuk mencapai lokasi Pantai Pasih Uug, ada beberapa transportasi alternatif yang dapat Anda pilih. Diantaranya Anda bisa menempuhnya lewat pantai sanur dengan menggunakan kapal speedboat dengan waktu tempuh 30-45 menit atau Anda juga bisa naik kapal ferry dari Padang Bay, dan menyewa speedboat dari Tanjung Benoa. Namun dengan dua alternatif transportasi diatas Anda baru bisa mencapai pulau Nusa Penidaitu sendiri. Sedangkan dari Nusa Penida menuju Pasih Uug, Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau menggunakan motor sewaan yang memang banyak disewakan di Pelabuhan Nusa Penida. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat ini kurang lebih 1,5 jam perjalanan.

Mitos Terbentuknya Pasih Uug

Di ceritakan bahwa pada zaman dulu ,ada sekelompok warga yang mendapat tamu yang tak di undang yaitu seekor Sapi Jantan yang tak bertuan. Karena tidak ada yang mengaku memiliki sapi tersebut ,para warga sepakat untuk menangkap dan menyembelih Sapi tersebut untuk di masak bersama-sama. Tanpa ada firasat dan tanda-tanda yang mencurigakan, proses penyembelihan dan pemasakan berlangsung dengan lancer. Acara makan bersama pun dimulai  dan ada beberapa warga di tugasi untuk memberi makanan kepada warga yang berada di sekitar lokasi Pasih Uug ,seperti  Sompang, Penangkidan, dan Karang Dawa.

Setelah acara makan bersama selesai ,datanglah seorang anak kecil yang mencari hewan ternaknya yang hilang. Anak kecil tersebut menanyakan perihal kehilangannya. Akan tetapi, para warga tidak mengaku telah menyembeli Sapi milik anak itu. Untuk mencari kebenaran, anak itu mengadakan sayembara dengan menancapkan sebuah lidi di tanah. Anak itu meminta agar warga mencabut lidi tersebut. Jika ada yang mampu mencabut lidi ini, maka benar kalian tidak mengambil  dan menyembeli hewan ternak saya.

Para warga pun dengan angkuh mencoba mencabut lidi tersebut, Namun,nihil tak satu pun warga yang mampu mencabutnya. Setelah merasa yakin kalau warga itu telah berbohong, anak itu mencabut lidi tersebut dan seketika terjadi Gempa yang mengakibatkan tanah ambles seketika. Tidak ada satu warga pun yang berada di sana selamat. Akan tetapi ,ada bebrapa warga yang ditugasi  untuk memberi makanan kepada warga yang berada di lokasi  masih hidup dan mendapat Desa dan Rumah mereka sudah ambles ke dalam Laut. Orang-orang yang selamat inilah yang di anggap sebagai saksi hidup dan menceritakan peristiwa tersebut secara turun temurun kepada anak cucunya.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.